Selasa, 01 Juni 2010

kayu manis

I. PENDAHULUAN

Cinnamomun burmanni merupakan jenis dari suku Lauraceae dan marga Cinnamomun. Sering dikenal dengan nama Cinnamomun tree. Biasanya disebut dengan padang cassia. Sedangkan dalam bahasa Indonesia biasa disebut kayu manis. Warga Lauraceae seperti Cinnamomun burmanni ini merupakan penghuni daerah-daerah yang seluruhya mencakup lebih dari 1000 jenis yang terbagi dalam 50 marga. Tanaman ini juga terdapat di daerah Srilanka. Tetapi daerah Srilanka, kulit batangnya lebih tipis dari kulit batang Cinnamomun burmanni yang ada di Indonesia.
Dikenal 2 varietas, varietas pertama yang berdaun muda berwarna merah pekat dan varietas yang kedua berdaun hijau ungu. Varietas pertama terdiri dari 2 tipe, ialah tipe pucuk merah tua dan tipe pucuk merah muda. Varietas yang banyak ditanam di daerah pusat produksi di Sumatar Barat dan Kerinci ialah varietas pertama. Varietas kedua anya didapat dalam jumlah populasi yang kecil. Kayu manis pucuk merah mempunyai kualitas yang lebih baik, tetapi produksinya lebih rendah daripada kayu manis yang berpucuk hijau. Tanaman kayu manis adalah penghasil kulit kayu manis. Tanamn yang sudah dewasa ditebang untuk diambil kulitnya. Di pasar dunia, kulit kayu manis Indonesia yang telah dikeringkan dikenal dengan nama Cassia vera alias Padang kneel.
Meskipun kurang dikenal oleh masyarakat, kayu manis adalah komoditas agribisnis yang relative luas budidayanya. Total area tanaman kayu manis di Indonesia sekitar 70.000 hektar, dengan hasil berkisar 15.000 sampai dengan 20.000 ton kulit kayu manis kering per tahun. Nilai ekspornya, rata-rata per tahun berkisar antara US $20 juta sampai dengan US $25 juta.
Kayu manis biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan dan pembuatan kue, bahkan saat ini sudah menjadi bagian bahan baku dalam industri jamu dan kosmetika. Menurut pakar obat-obatan herbal, Prof. Hembing Wijayakusuma, kayu manis memiliki banyak kahasiat obat. Diantaranya, obat asam urat, tekanan darah tingi ( hipertensi ), radang lambung atau maag ( gastritis ), tidak nafsu makan, sakit kepala ( vertigo ), masuk angin, perut kembung, diare, muntah, hernia, susah buang air besar, sariawan, ashma, sakit kuning, dan lain-lain.

2.1. Morfologi

Taksonomi dari Cinnamomun burmannii yaitu :
Kingdom : Plantae
Division : Magnoliophyta ( Flowering plants )
Class : Magnoliopsida ( Dicotyledons )
Order : Laurales
Family : Lauraceae
Genus : Cinnamon
Species : Cinnamomun burmannii
Cinnamomun memiliki akar tunggang dan batang yang kuat dan keras, berkayu dan bercabang. Berbentuk pohon dengan tinggi 6-12 m. Kadang pula mencapai 15 m. ranting tua gundul. Kulit dan daun kalau diremas berbau kayu manis yang kuat. Dimana semua bagian memiliki bau khas aromatik kayu manis. Daunnya merupakan daun tunggal ( kadang-kadang bertulang melengkung ) yang duduknya tersebar, kadang-kadang berhadapan, tidak mempunyai penumpu. Daun berpenulang 3 ; panjang tangkai daun 0,5 cm sampai 1,5 cm. Pada prosesnya, daun berlawanan atau berganti warnanya. Awalnya berwarna erah muda kemudian berwarna hijau mda diatas. Daunnya berbentuk bulat telur atau elips memanjang dengan ujung membulat atau tumpul meruncing, 6-15 kali 4-7 cm, seperti kulit kuat.
Bunga berada ditangkai yang panjang, lemah dan kuncupnya lembut bercabang dan duduk di ketiak dengan cabang yang berambut abu-abu. Merupakan bunga malai. Bunganya berkelamin tunggal dan taju tenda bunga biasanya 2-5 dan panjang 3-5 mm, berwarna putih kekuningan dimana dilihat dari luar terlihat berambut abuabu keperakan, sedikit membuka tetapi tidak rontok dan dalam waktu yang sangat cukupsetelah mekar akan sobek melintang. Biasanya tertanam pada tepi sumbu bunga. Bunga ini memiliki 4 ruang sari. Bunga Cinnamomun burmannii ini memiliki 12 benang sari dalam 3-4 lingkaran, biasanya tersusun dalam 4 lingkaran terdalam yang steril. Benang sari lingkaran ketiga memiliki kelenjar ditengah-tengah tangkai sari. Buah adalah buah buni, panjang lebih kurang 1 cm. Bijinya tidak memiliki endosperm, dimana lembaga memiliki daun lembaga yang besar didalamnya. Daun, dan kulit batang ( gelam ) terdapat sel-sel yang mengandung minyak atsiri. Tanaman ini termasuk dalam tanaman C3.
Kulit kayu manis padang adalah kulit batang Cinnamomun burmannii dalam perdagangan dienal dengan nama Cassia vera. Bau khas aromatic ; rasa agak manis, agak pedas dan kelat.
Makroskopik
Pototongan kulit berbentuk gelondong, agak menggulung mebujur, agak pipih atau berupa berkas yang terdiri dari tumpukan beberapa potong kulit yag tergulung membujur ; panjang sampai 1 m, tebal kulit 1 mm sampai 3 mm atau lebih. Permukaan luar yang tidak bergabus berwarna coklat sampai coklat kemerahan., yang bergabus berwarna hijau kehitaman atau coklat kehijauan,
Mikroskopik
Pada kulit yang lapisan luarnya belum dibuang akan tampak lapsan epidermis dengan kutikula berwarna kuning. Didalam sel parenkim banyak terdapat butir pati atau hablur kasium oksalat berbentuk prisma. Lapisan sklerenkim terdapat dibawah parenkim korteks, hampir tidak terputus-putus tediri dari 3 atau lebih lapisan sklerida. Floem sekunder terdiri dari jalur-jalur tangensial jaringan tipis, berseling dengan parenkim floem. Fragmen pengenal adalah sklereida dengan penebalan diniding tidak rata ; serabut persikel dan serabut floem ; butir-butir pati dan hablur kalsium oksalat bentuk prisma, lepas atau dalam parenkim dengan sel lendir atau sel minyak ; sel gabus dan serabut sklerenkim.
Jenis-jenis kayu manis lain yang penting, antara lain :
1. Di India, ditanam Cinnamomun tamala ( Buch-Ham ) T. Nees & Eberm, produknya bernama Indian Cassia.
2. Di Srilanka dihasilkan Ceylon Cinnamon dari tanaman Cinnamomun zeylanicum Blume.
3. Chinese Cinnamon dihasilkan dari tanaman Cinnamomun cassia Presl.
4. Di Jawa diikenal Cinnamomun javanicum Blume, namun tidak pernah secara masal karena hasil ulitnya tidak sebaik Cinnamomun burmannii. Selain itu di Jawa juga bisa ditemui Cinnamomun sintoc Blume ( kayu sintok ) ang biasa disuling untuk diambil minyak atsirinya.
5. Di Maluku dikenal Cinnamomun culilawan Blume, atau lazim pula disebut sebagai kulit lawang atau kayu lawang. Minyak asirinya dikenal sebagai minyak lawang.

2.2. Syarat Tumbuh
Pohon kayu manis menghendaki iklim yang basah dan banyak hujan, kurang baik pada daerah dengan musim kemarau panjang. Tanaman kayu kanis menghendaki banyak hujan, memrata sepanjang tahun dan lembab. Curah hujan yang dikehendaki adalah 2000 mm sampai 2500 mm tiap tahun tanpa ada bulan-bulan yang kering. Tipe curah hujan yang baik terdapat pada daerah Kerinci.
Tanah yang paling cocok adalah tanah yang subur,gembur, agak berpasir, dan kaya akan bahan organic. Pada tanah yang berpasir akan memberikan hasil kulit yang paling harum.
Budidaya kayu manis menuntut lahan dengan ketinggian diatas 500 m.dpl. Di tempat rendah tumbuhnya lebih cepat daripada ditempat tinggi, tetapi ditempat rendah kulit yang dihasilkan kurang tebal, dan rasanya juga agak kurang. Di tempat tinggi pertumbuhannya lambat, tetapi kulitnya lebih tebal dan berkwalitas lebih baik.

III. PEMBIBITAN

Bibit kayu manis berasal dari semaian biji maupun sirung ( tunas yang berasal dari tunggul bekas potongan ). Buah biji kayu manis berukuran sedikit lebih kecil disbanding melinjo. Warna kulit buahnya hijau dan akan berubah menjadi hitam keunguan setelah masak. Biji-biji yang dipergunakan untuk bibit adalah biji yang berasal dari pohon yang tumbuh baik dan berumur lebih dari 10 tahun, tidak terlalu muda, kulit batangnya cukup tebal dan mempunyai aroma kayumanis yang keras ; biji yang jatuh dari pohon tidak dapat dipergunakan sebagai bibit. Biji yang telah cukup masak dapat disebarkan dan sesudah 5-15 hari, biasanya biji telah bertunas.
Pembiakan pohon kayu manis juga dapat dilakukan dengan cara stek, tetapi yang terbaik adalah bijinya. Untuk mendapatkan bibit kayu manis dilakukan persemaian dan untuk itu dipilih tanah yang subur dan dekat dengan air. Sebelum disemai, ubah kayu manis memerlukan fementasi untuk menghancurkan lapisan kulit dan daging buahnya. Fermentasi ini dilakukan dengan pemeraman selam satu minggu sampai kulit buahnya benar-benar hancur. Umumnya benih tidak dapat disimpan, harus disemai segera setelah panen.
Untuk meningkatkan perkecambahan, sebelum ditabur benih direndam air hangat suhu 45ÂșC selam 24 jam. Perkecambahan lambat dan dapat berlanjut sampai satu tahun setelah penaburan. Benih ditabur pada bedeng atau bak kecambah dengan jarak 5 cm sedalam tebal biji, pada akhir musim dingin dan awal musim panas dengan ditiup tanah halus atau pupuk kandang setebal ± 1 cm. Bedeng semai harus terbebas dari gulma dan disiram secara teratur.
Pemindahan semai ( transplanting ) ke media pembibitan dilakukan setelah semai berdaun 2 helai pada umur 1-2 bulan. Bibit tersebut dibiarkan tumbuh selama 8-12 bulan, sebelum dipindahkan ke kebun. Pemindahan dapat dilakukan jika tanaman sudah mencapai 60-80 cm. Tanaman muda dipangkas sampai tainggal 60-70 cm.
Bibit dari tunas sirung
Bibit sirung berasal dari tunas yang tumbuh pada tunggal bekas potongan batang saat kayu manis dipanen. Biasanya pemanenan kayu manis dilakukan dengan cara pemotongan batang setinggi 5 s/d 10 cm dari atas permukaan tanah. Biasanya disisakan satu tunas untuk tetap menjadi individu baru pada tunggul bekas pemotongan tersebut.

IV. PENANAMAN DAN PEMELIHARAAN TANAMAN

4.1. Penanaman
Di Indonesia sebelum penanaman dilakukan pengelolaan tanah dengan langkah :
a. Pembersihan lahan dari semak, belukar, dan gulma.
b. Lahan yang miring dibentuk ters menurut arah kontur.
c. Pembuatan lubang tanam dengan ukuran 75x75 cm atau minimal 50x50 cm. waktu penggalian dipisakan tanah bagian atas dan bagian bawah, pada waktu penutupan lubang bagian tanah dikembalikan seperti semula dan tanah bagian atas diberi pupuk kandang sebanyak 3 kaleng minyak tanah sebagai pupuk dasar sebelum dasar.
Jarak tanam yang baik sekitar 4x4 meter, sedangkan jarak tanam yang paling menguntungkan yaitu 3x3 meter. Penanaman bibit yang berasal dari sirung tidak jauh berbeda dengan bibit yang berasal dari biji yang ditanam degan system cabutan atau puteran. Saat tanam yang paling baik yaitu waktu musim hujan.

4.2. Pemeliharaan
Tanaman yang ditanam dengan jarak tanam rapat pada awal penanaman bertujuan :
a. Mengurangi pertumbuhan gulma
b. Membentuk tanaman yang lurus pertumbuhannya
c. Dapat berfungsi sebagai penahan erosi
Dalam waktu 3-4 tahun terbentuk hutan kayu manis yang mempunyai batang pokok lurus.
Pemeliharaan tanaman kayu manis Cassia vera yang umum dilakukan antara lain:
a. Awal pertumbuhan tanaman dilakukan penyiangan tumbuhan pengganggu.
b. Pemberian pupuk secara periodic dengan menggunakan pupuk majemuk NPK ( 17-17-17 atau 15-15-15 ).
Cara pemupukan : pupuk dimasukkan kedalam tanah minimal 20 cm dan dapat dibuat 2-4 lubang pemupukan. Saat pemupukan yang baik yaitu pada permulaan musim penghujan atau menjelang musim kemarau.
c. Pengendalian hama dan penyakit.
d. Penjarangan tanaman
Tanaman setelah mencapai umur 3 tahun dilakukan penjarangan pertama dan 2 tahun kemudian dilakukan penjarangan kedua. Penjarangan dilakukan dengan tujuan agar memperoleh mutu kulit yang baik.

V. PANEN DAN PASCA PANEN

5.1. Panen
Tanaman kayu manis mulai bisa dipanen ( sebagai penjarangan ) pada :
a. Umur 6 tahun panen pertama ( penjarangan pertama )
b. Umur 10 tahun dilakukan panen kedua ( penjarangan kedua )
c. Umur 15 tahun dilakukan pemanenan secara menyeluruh.
Diameter batang saat dilakukan pemanenan berukuran antara 30 cm sampai dengan 50 cm, tergantung dari umur tanaman, kondisi bibit saat ditanam dan tingkat kesuburan tanah.
Musim panen yang baik adalah awal musim hujan atau pada waktu daun tanaman seluruhnya berwarna hijau tua pada keadaan tersebut aliran getah antara kayu dengan kulit cukup banyak, sehingga memudahkan penupasan kulit.
Beberapa cara pemanenan :
a. Batang langsung ditebang dan dikuliti
b. Kulit dikelupas terlebih dahulu dan dibiarkan menumbuhkan khalus ( kulit ) baru, sebelum akhirnya ditebang. Cara ini lebih cepat menghasilkan tunas dibandingkan dengan cara penebangan biasa.
c. Ada pula cara panen dengan pemukulan kulit batang pohon sampai memar, lalu dibiarkan selam 2 bulan sebelum kulit dipanen. Cara ini bisa mempertebal kulit hingga volume panen bertambah.
d. Cara Vietnam, mengupas kulit batang berbentuk persegi berselang-seling seperti kotak panan catur. Setelah kotak bekas kupasan kulit pertam pulih, dilakukan pengupasan kotak berikutnya. Dengan cara ini produktifitas kulit yang dipanen lebih tinggi.
Pohon yang dikuliti, kulitnya dibersihkan dari lapisan gabus dan lumut serta kotoran lain yang menempel pada kulit pohon. Pengikisan kulit dilakukan dengan pisau, sampai terbuang lapisan kulit arid an lapisan gabusatau kulit sampai berwarna kuning kehijauan. Pengikisan sebaiknya menggunakan pisau “stainless steel” unutk mencegah “browning”.

4 komentar:


  1. KAYU MANIS SUPER

    Kami menyediakan kulit kayu manis antara 5 ton s/d 8 ton per minggu.
    Kami memproduksi kulit kayu manis dengan kualitas tinggi dan terbaik.
    Semua kulit kayu manis yang kami produksi adalah hasil pengolahan sendiri agar kualitas terjaga dan terjamin.

    Bagi anda yang membutuhkan dan berminat silahkan hubungi kami:

    HP. 0812 6973 544
    BBM. 2AD17C31

    BalasHapus
    Balasan
    1. ¬ hal yg tidak pernah terbayangkan kini menjadi kenyataan,dengan keluarga saya untuk AKY SANTORO kami ucapkan banyak terimah kasih karna berkat BANTUAN AKY SANTORO ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari segala HUTANG HUTANG. karna nomor togel yang di berikan KY SANTORO YAITU-4D. nya BENAR BENAR TERBUKTI TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN.125 juta.ALLHAMDULILLAH saya bisa menutupi semua tuhang hutang saya.dan MOTOR saya yg dulunya aku gadaikan,kini sudah di tebus kembali.dan kami juga sudah membuka usaha kecil kecilan,kami tidak menduga KY SANTORO TELAH MERUBAH NASIB KAMI DALAM SEKEJAP.dan hanya AKY SANTORO Lah DUKUN TOGEL YANG PALING BERSEJARAH DI KELUARGA KAMI.ini adalah benar benar kisah nyata dari saya.dan saya tidak malu menceritakannya.semua tentang kesusahan yg perna saya jalani.karna di situlah saya mulai berfikir bahwa mungkin masih banyak saudara kami yg membutuhkan bantuan seperti saya.yang ingin seperti saya silahkan hub AKY SANTORO DI NOMOR(_0823_1294_9955_)Atau KLIK DISINI



      DI JAMIN 100% TEMBUS.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA BUKTIKAN SENDIRI.DAN SAYA SANGAT YAKIN BAHWA ANGKA GHOIB YANG DI BERIKAN KY SANTORO DAPAT MERUBAH NASIB ANDA SEPERTI SAYA.SEBELUMNYA SAYA MOHON MAAF KALAU ADA PERKATAAN SAYA YANG KURANG SOPAN.TOLONG DI MAAF KAN.TERIMAH KASIH.THANK'Z ROOMX ZHOBATH.!!!

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus