Jumat, 26 Februari 2010

morfologi jarak pagar

Morfologi Tanaman Jarak Pagar

Jarak pagar meerupakan salah satu tanaman potensial penghasil biodiesel. Selama ini, tanaman jarak pagar hanya ditanam sebagai pagar belum dimanfaatkan dan dibudidayakan seacara khusus. Jarak pagar dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian sekitar 500 meter dari permukaan laut. Curah hujan yang sesuai untuk tanaman jarak pagar adalah 625 mm/tahun. Akan tetapi, tanaman jarak pagar juga dapat tumbuh pada daerah dengan curah hujan antara 300 -380 mm/tahun. Suhu yang sesuai untuk tanaman jarak pagar adalah 200 - 260 C. pada daerah dengan suhu yang tinggi (diatas 350 C) atau terlalu rendah (dibawah 150 C) akan menghambat pertumbuhan dan mengurangi kadar minyak dalam biji dan mengubah komposisinya. Jarak pagar dapat tumbuh pada berbagai ragam tekstur dan jenis tanah, baik tanah berbatu, berpasir, maupun tanah berlempung atau tanah liat. Selain itu jarak pagar juga dapat beradatpasi pada tanah yang kurang subur atau tanah bergaram, memiliki drainase baik, tidak tergenang, dan pH tanah 5,0 – 6,5.
Tanaman jarak pagar tegolong dalam famili Euphorbiaceae, satu famili dengan karet dan ubi kayu.. Tanaman jarak pagar berupa perdu dengan tinggi 1 – 7 meter, bercabang tidak teratur. Batangnya berkayu, silindris, dan akan mengeluarkan getah bila terluka. Bagian bagian yang terdapat pada tanaman jarak pagar adalah sebagai berikut:

1. Daun
Daun tanaman jarak pagar adalah daun tunggal berlekuk dan bersudut 3 atau5. daun tersebar di sepanjang batang. Permukaan tas dan bawah daun berwarna hijau dengan bagian bawah lebih pucat daripada bagian atas. Daunnya lebar dan berbentuk jantung atau bulat telur melebar dengan panjang 5 -15 cm . helai daun menjari dengan jumlah 5 – 7 tulang daun utama. Edaunnya dihubungkan dengan tangkai daun. Panjang tangkai daun antara 4 – 15 cm.
2. Batang
Batang jarak pagar berkayu, silindris, dan akan mengeluarkan getah bila terluka. Dan bercabang tidak teratur. Batang berwarna hijau kecoklatan


.



3. Bunga
Bunga tanaman jarak pagar adalah bunga majemuk berbentuk malai, berwarna kuning kehijauan, berkelamin tunggal, serta putik dan benang sari berada dalam satu tanaman. Bunga betina 4 – 5 kali lebih banyak dari bunga jantan. Bunga jantan maupun bunga betina tersusun dalam satu rangkaian berbentuk cawan yang tumbuh di ujung batang atau ketiak daun. Bunganya mempunyai lima kelopak berbentuk bulat telur dengan panjang kurang lebih 4 mm. benang sari mengumpul pada pangkal dan berwarna kuning. Bunganya mempunyai lima mahkota berwarna keunguan. Setiap tandan terdapat lebih dari 15 bunga. Jarak pagar termasuk tanaman monoecious dan bunganya uniseksual. Kadang kala muncul bunga hermaprodit yang berbentuk cawan berwarna hijau kekuningan.

4. Buah
Buah yang terdapat pada tanaman jarak pagar berupa buah kotak berbentuk bulat telur dngan diameter 2 – 4 cm. panjang buah 2 cm dengan ketebalan 1 cm. buah berwarna hijau ketika muda serta abu abu kecoklatan atau kehitaman apabila sudah masak. Buah jarak terbagi menjadi tiga ruang, masing masing ruaqng berisi satu biji sehingga dalam setiap buah terdapat tiga biji.

5. Biji
Biji berbentuk bulat lonjong dan berwarna cokelat kehitaman. Biji inilah yang banyak mengamndung minyak dengan rendemen sekitar 30 - 50 % dan mengandung toksin sehingga tidak dapat dimakan.

5. Akar
6. Akar
Akar jarak pagar merupakan akar tunggang. System perakaran pada tanaman jarak pgar mampu menahan air dan tanah sehingga tahan terhadap kekeringan serta berfungsi sebagai tanaman penahan erosi







Nama : Eko Purnomo
Prodi : PTP (A)
NIM : A3208165
Tugas : Botani (Praktikum Herbarium Kering)


Jenis Tanaman : Jarak pagar
Nama Latin/Ilmiah : Jatropha curcas linn
Asal tanaman : China
Tempat Pengambilan : Pantai Payangan Sumberejo Ambulu
Ketinggian : 0 – 2 meter dpl



Klasifikasi tanaman jarak pagar adalah sebagai berikut:
o Divisi : Spermatophyta
o Subdivisi : Angiospermae
o Kelas : dicotyledonae
o Ordo : Euphoebiales
o Famili : Euphorbiaceae
o Genus : Jatropha
o Species : Jatropha curcas linn


















Sumber: Buku budidaya tanaman jarak pagar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar